Pilihan Tempat Wisata Di Jakarta Timur

Akhir pekan atau musim liburan merupakan saat yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang. Tidak hanya di Bali, di Jogja atau Bandung saja yang terkenal akan daerah wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, Jakarta TImur yang merupakan kota metropolitan juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik tentunya. Bagi yang belum tahu akan ke mana destinasi wisata yang dituju dan ingin memiliki liburan yang berbeda, berikut akan saya coba paparkan beberapa tempat wisata di Jakarta Timur yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata untuk menghabiskan liburan di akhir pekan anda. Selain tempat wisatanya yang nyaman, tentu pengalaman berwisata yang didapatkan juga berbeda.

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia merupakan tempat wisata di Jakarta Timur yang menjadi tempat wisata favorit keluarga. Salah satu tempat wisata favorit  di Jakarta Timur ini sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Di tempat ini terdapat banyak sekali wahana rekreasi dan juga objek wisata yang banyak diminati oleh banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata paling favorit. TMII terdapat banyak wisata budaya yang berasal dari Sabang hingga Merauke yang tersebar di kawasan tersebut, dari rumah adat hingga benda-benda tradisional khas masing-masing daerah di Indonesia. Selain itu di tempat ini juga bisa menambah ilmu pengetahuan di samping sebagai tempat wisata saja. Di TMII terdapat museum rekayasa, museum burung, museum reptile, dan juga teater keong mas.

  1. Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia
Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia

Tempat wisata di Jakarta Timur lainnya adalah Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia. Di tempat ini para pengunjung dapat menjumpai berbagai macam hewan yang sudah diawetkan dan ada pula beberapa yang masih hidup. Bentuk bangunan ini juga unik, yaitu memiliki bentuk hewan komodo yang menjadi salah satu keajaiban dunia yang hanya bisa ditemui di Nusa Tenggara Timur saja.

  1. Museum Asmat
Museum Asmat

Museum Asmat merupakan tempat wisata di Jakarta Timur yang menggunakan seni ukir dari suku Asmat dan didirikan oleh Ibu Tien Soeharto. Bangunan gedung ini diadopsi dari Rumah Kariwai atau suatu tempat untuk pemujaan Suku Tobati. Bangunan utama dari gedung ini digunakan untuk ruang pameran.

  1. Telaga Warna Cibubur
Telaga Warna Cibubur

Tempat wisata di Jakarta Timur lainnya adalah Telaga Warna Cibubur. Tempat wisata di kota Jakarta Timur ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga maupun dengan teman-teman. Di sini bisa ditemui tempat memancing yang nyaman, gathering dan juga outbound. Ada juga fasilitas menarik lain yang disediakan diantaranya adalah Kolam Pemancingan Galatama, Kolam Arwana Super Red, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

  1. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur
Bumi perkemahan dan graha wisata (Buperta) Cibubur

Bagi yang menyukai alam bebas dan berkemah, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata atau yang biasa disingkat dengan Buperta ini barangkali menjadi pilihan yang tepat untuk berkemah. Buperta CIbubur merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta TImur sebagai tempat perkemahan yang dapat menampung kurang lebih 20.000 orang yang terbagi dari 2 bagian, yaitu Kemah Putra (Kempa) dan juga Kemah Putri (Kempi). Di tempat ini tersedia beberapa fasilitas yang bisa dinikmati seperti cafetaria, kolam renang, aula serbaguna, lapangan utama, danau, hutan wisata, sarana ibadah untuk 5 agama, dan juga toilet. Para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan selama berkemah seperti outbond, menikmati sepeda air di danau, dan kegiatan lainnya.

Untuk menyewa lokasi dikenai harga yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp 10.000 per malamnya. Di sini juga disediakan persewaan tenda bagi yang tidak memilki tenda dengan kisaran harga sekitar Rp 40.000 sampai Rp 300.000. Tapi di sini juga dikenai pajak sebesar 20% untuk tenda yang disewakan dan pengunjung tidak boleh membawa lebih dari 2 tenda. Tapi bagi yang tidak ingin berkemah, di Buperta anda juga disediakan tempat penginapan berupa wisma yang dapat disewa dengan nyaman.

Itulah beberapa tempat wisata di Jakarta Timur yang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga maupun dengan teman-teman. Selain rekreasi, tempat wisata di kota Jakarta Timur juga dapat menambah pengetahuan umum mengenai kebudayaan Indonesia dan tentang faunanya. Cocok untuk mengajak buah hati berlibur ke tempat wisata seperti itu agar dapat menambah pengetahuannya dan bisa mengenali keberagaman kebudayaan Indonesia.

Leave a Reply