Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Kunjungi

Banyuwangi merupakan sebuah kota dan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Banyuwangi merupakan perkotaan dengan banyak gedung pemerintahan serta berbagai perusahaan di dalamnya.yang menarik. Pada sisi timur Banyuwangi merupakan garis pantai yang berbatasan dengan Selat Bali. Tempat wisata di Banyuwangi beragam, mulai dari pantai, situs sejarah dan taman kota yang sangat teratur.

Jika anda menyukai pantai, anda bisa berkunjung ke beberapa pantai yang ada di Banyuwangi. Pantai di Banyuwangi juga tidak kalah menarik dari pantai yang ada di kota lain di Jawa Timur maupun pantai di Bali. Beberapa tempat wisata pantai di Banyuwangi yang satu ini jangan sampai dilewatkan. Banyuwangi memiliki pantai yang terkenal yaitu Pantai Boom, Pantai Pulau Santen, Pulau Merah dan Pantai Watu Dodol. Pantai Boom merupakan sebuah kawasan pelabuhan rakyat yang terletak di Kelurahan Kampung Mandar. Kawasan wisata ini di kelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia.

Berkuda-di-Pantai-Boom-Banyuwangi

Pantai Boom sendiri di dalamnya tidak terlalu banyak aktifitas. Di sana hanya ada beberapa kapal tradisional yang bersandar untuk digunakan sebagai sarana pengangkut logistik untuk pulau-pulau terpencil di kawasan Jawa Timur. Pantai Boom sendiri biasanya ramai dikunjungi pada pagi hari karena ombak di pantai ini relative tidak terlalu tinggi. Selain itu, di sepanjang pantai Boom juga banyak terdapat kedai-kedai yang menjual makanan.

Pantai-Pulau-Santen-Banyuwangi

Tempat wisata pantai di Banyuwangi yang lain ada juga Pantai Pulau Santen yang letaknya berada di sebelah selatan Pantai Boom. Pantai Pulau Santen relative lebih sepi jika dibandingkan Pantai Boom sehingga pantai ini sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai. Yang unik dari Pantai Pulau Santen adalah letaknya yang terpisah dari Pulau Jawa sehingga di sana terdapat sebuah jembatan kayu sirap yang memiliki panjang sekitar 15 meter untuk menuju Pantai Pulau Santen.

Pantai-Pulau-Merah-Banyuwangi

Pantai lain yang wajib anda kunjungi adalah Pulau Merah yang berada di bagian selatan Banyuwangi. Pantai ini memiliki ombak yang bisa digunakan untuk aktifitas surfing. Selain itu pantai ini memiliki pasir putih yang bersih serta terdapat pulau kecil yang berbentuk bukit dengan warna tanah kemerahan. Pantai yang relative sepi ini juga dapat anda gunakan untuk menikmati sunset yang indah saat senja tiba.

Pantai-Watu-Dodol-Banyuwangi

Pantai lain di Banyuwangi ada juga Pantai Watu Dodol yang berada di bagian utara Banyuwangi. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dengan air berwarna biru serta dihiasi batu dodol di salah satu bibir pantainya. Hal menarik lainnya adalah di Pantai Watu Dodol terdapat mata air tawar yang langsung mengalir ke pantai serta terdapat Goa Jepang di sisi bukit.

Hal menarik lainnya yang bisa anda lakukan saat berada di Banyuwangi adalah dengan mengunjungi beberapa situs sejarah. Seperti mengunjungi Kompleks Inggrisan, Klenteng Hoo Tong Bio, Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Laut dan Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria.

Tempat wisata di Banyuwangi sangat beragam sekali. Selain mengunjungi beberapa tempat di atas, anda juga bisa mengunjungi taman kota yang diantaranya ada Taman Blambangan, Taman Tirta Wangi dan Taman Sritanjung. Di taman ini, anda bisa duduk-duduk di bawah pepohonan rindang yang menyejukan dan melakukan aktivitas olahraga.

Leave a Reply