Tempat Wisata Menarik di Pontianak Kalimantan Barat

Kota Pontianak merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini juga dikenal dengan Kota Khatulistiwa karena kota Pontianak dilalui oleh garis Khatulistiwa atau garis lintang nol derajat. Tempat wisata Pontianak sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata budaya sampai wisata kuliner yang sangat terkenal, seperti bakcang, bakpao, air tahu, kembang tahu, kwe cap dan Sio Bi yang merupakan siomay namun memiliki cita rasa berbeda dengan siomay umumnya.

Objek-Wisata-Tugu-Khatulistiwa-Pontianak

Tempat Wisata di Pontianak tidak kalah menarik dengan tempat wisata yang ada di kota besar Kalimantan seperti Balikpapan ataupun Banjarmasin. Tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi pertama kali adalah Tugu Khatulistiwa. Tugu ini mempunyai nama lain Equoator Monument yang berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara. Untuk mencapai tugu ini, anda harus menempuh jarak lumayan dekat dari pusat kota Pontianak, yakni hanya sekitar 3 KM ke arah kota Mempawah. Tugu ini merupakan salah satu ikon wisata Pontianak dan selalu ramai didatangi oleh masyarakat yang berkunjung ke kota ini.

Museum-Dara-Juanti-Sintang

Selain itu, terdapat Museum Dara Juanti Sintang yang merupakan salah satu peninggalan dari sejarah Kota Sintang yakni Istana Al Mukarramah. Museum ini banyak menyimpan cerita dan bukti jejak peradaban Sintang masa lalu. Istana Al Mukarramah yang saat ini merupakan Museum Dara Juanti terletak di Jl. Dara Juanti Hilir, Kelurahan Kapuas Kiri Hilir yang dekat dengan pusat kota Pontianak.

Istana-Kesultanan-Kadariah-Pontianak

Saat anda berada di kota Pontianak, anda juga wajib mendatangi Istana Kesultanan Kadariah Pontianak. Tempat ini merupakan istana peninggalan masa Kerajaan Kadariah yang terletak di pusat kota Pontianak serta di tepi sungai Kapuas. Jika anda hendak mengunjungi tempat ini, lebih baik berkunjung saat sore hari. Istana di kawasan Tepi Sungai Kapuas akan ramai saat sore hari sehingga anda bisa berinteraksi dengan penduduk lokal saat berada disana.

Tempat wisata di Pontianak lainnya adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini merupakan tempat rekreasi yang telah dibuka sejak lama. Pantai Pasir Panjang menghadap ke laut Natuna yang berjarak sekitar 17 KM dari pusat kota Singkawang. Pantai ini memiliki beberapa pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Kabung, Pulau Lemukutan dan Pulau Randayan.

Objek-Wisata-Pantai-Pasir-Panjang-Pontianak

Untuk menuju beberapa pulau tersebut, anda bisa menyewa perahu kecil atau speed boat. Tempat ini juga sangat cocok untuk anda yang hobi melakukan aktivitas olahraga air. Selain itu, akses yang mudah dengan kendaraan umum dan berbagai hotel yang berada di tempat ini menjadikan Pantai Pasir Panjang memang wajib didatangi saat anda berlibur ke Pontianak.

Pantai-Sinka-Island-Park-Pontianak

Selain itu, terdapat juga sebuah tempat wisata baru bernama Sinka Island Park. Tempat wisata di kota Pontianak yang satu ini terletak di pinggir jalan raya Pontianak – Singkawang dengan jarak 3 KM. Sinka Island Park terletak di kawasan wisata Teluk Karang yang menawarkan berbagai fasilitas modern namun tetap berkonsep alam. Kawasan wisata tepi pantai Sinka Island Park menyajikan pemandangan pantai dengan fasilitas lengkap didalamnya, seperti kolam renang, kafe sampai delman yang bisa disewa untuk mengelilingi taman rekreasi ini.

Leave a Reply