Tempat Wisata di Daerah Jombang Jawa Timur

Jombang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Jombang sendiri memiliki letak yang sangat strategis karena berada pada persimpangan jalur lintas selatan Pulau Jawa (Jogjakarta – Madiun – Surabaya), jalur Malang – Tuban dan jalur Surabaya – Tulungagung. Banyak orang kenal dengan kota ini dengan sebutan Kota Santri karena banyaknya pondok pesantren di daerah Jombang. Selain itu tempat wisata di Jombang juga tidak kalah menarik dan wajib dikunjungi saat anda singgah di kota ini. Jombang memiliki wisata religi ataupun wisata alam.

Makam-Gusdur-di-Jombang-Jatim

Tempat wisata di Jombang yang sampai saat ini selalu dipenuhi wisatawan adalah tempat wisata religi yaitu makam Gusdur yang berada di komplek Pondok Pesantren Tebuireng di Desa Cukir, Kecamatan Diwek. Tempat ini selalu dipenuhi oleh wisatawan untuk berziarah. Selain itu, di tempat yang sama terdapat juga makam K.H. Hasyim Asy’ari yang merupakan salah satu pendiri organisasi islam Nadhatul Ulama dan puteranya K.H. Wachid Hasyim yang merupakan Menteri Agama pertama di Republik Indonesia.

Tempat-Wisata-Jombang-Candi-Arimbi

Tempat wisata di Jombang yang lain ada di Jalan Mojoagung yang merupakan tempat wisata sejarah yaitu Candi Arimbi. Candi ini letaknya di desa Pulosari, kecamatan Bareng, Jombang. Sangat strategis dan merupakan gerbang selatan Kerajaan Majapahit. Di kawasan yang sama, terdapat Makam Sayid Sulaiman yang letaknya di Desa Betek. Sayid Sulaiman adalah salah satu penyebar agama Islam di Jombang setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. Jika anda datang pada hari Jumat Legi, makam tersebut akan dipenuhi juga oleh wisatawan yang hendak berziarah.

Anda juga bisa mendatangi beberapa pondok pesantren terbesar yang berada di Kabupaten Jombang, seperti Pondok Pesantren Tebuireng di Cukir, Pondok Pesantren Darul Ulum di Rejoso, Pondok Pesantren Bahrul Ulum di Tambakberas, Pondok Pesantren Mambaul Maarif di Denanyar dan Pondok Pesantren Luhur Nurhasan di Gadingmangu.

Kolam-Renang-Wanawisata-Sumberboto

Selain wisata religi, wisatawan juga dapat menikmati berbagai wisata alam yang menarik dan wajib didatangi. Salah satu objek wisata alam di Jombang adalah Wanawisata Sumberboto yang selalu dipadati wisatawan lokal saat akhir pekan. Wanawisata Sumberboto terletak di Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno. Suasana sejuk dapat anda nikmati di tempat ini serta terdapat juga kolam renang air hangat di dalamnya.

Tempat wisata Jombang lainnya adalah Wisata Agro Perkebunan Panglungan yang saat ini dikembangkan sebagai argowisata dengan tanamannya seperti Kakao, melinjo, cengkeh dan kopi. Goa Sigolo-golo yang berada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam yang menyajikan pemandangan goa dengan alam yang indah dan Kedung Cinet yang terletak di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan yang menyajikan wisata pegunungan alami yang sangat menyejukan serta aliran sungai jernih yang berada di sekitarnya.

Berbagai tempat wisata Jombang memang saat ini masih belum sepenuhnya dikembangkan. Mulai dari akses yang susah serta tidak banyak keterangan yang menjelaskan tempat tersebut. Namun saat anda mudik atau hendak bepergian ke Surabaya atau Malang melalui perjalanan darat, tidak ada salahnya untuk singgah di kota Jombang yang indah ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment