Berkunjung ke Tempat Wisata Gua Pindul di Gunung Kidul

Selain wisata pantainya Gunung Kidul juga memiliki tempat wisata berupa gua. Salah satu tempat wisata yang berupa gua yang ada di Gunung Kidul adalah Gua Pindul. Mungkin kalau cuma menaiki perahu karet dan menyusuri sungai itu sudah hal yang biasa, tapi bagaimana jika sungainya itu mengalir di bawah tanah, apakah tidak menjadi tantangan dan petualangan tersendiri. Nah, di Gua Pindul inilah petualangan anda yang cukup menantang tadi akan terjadi. Gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Wonosari, Gunung Kidul ini merupakan salah satu gua yang merupakan rangkaian dari 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah. Jika anda dari Kota Yogyakarta perjalanan menuju Desa Bejiharjo bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Gua-Pindul-Selamat-Datang

Pada petualangan menyusuri obyek wisata Gua Pindul Gunung Kidul ini anda akan diajak menyusuri sungai sepanjang kurang lebih 300 meter di dalam gua, penysusuran ini akan memakan waktu selama 45-60 menit. Tidak hanya gelapnya saja yang menjadi tantangan, dalam petualangan ini anda hanya dilengkapi dengan peralatan sederhana seperti pelampung, ban, life vest, serta head lamp yang sudah tersedia di sana. Dalam istilah keren nya, petualangan yang memadukan aktivitas body rafting dan caving ini di sebut dengan istilah cave tubing. Tidak perlu persiapan husus bagi anda untuk bisa cave tubing di Gua Pindul. Karena peralatan yang akan dipakai juga seperti biasanya.

Petualangan-di-Gua-Pindul

Tapi dari semua itu anda tak usah takut untuk melakukan aktifitas di sini, karena aliran sungai yang sangat tenang membuat kegiatan ini 100% aman dilakukan oleh siapapun, baik oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

Jika anda ingin melakukan cave tubing di Gua Pindul ini disarankan untuk melakukannya di waktu pagi hari sekitar jam 09.00 atau 10.00 WIB. Karena bisa dipasatikan pada jam segitu air sungai di dalam gua sudah tidak terlalu dingin. Dan jangan heran jika anda melakukan cave tubing di jam segitu maka anda akan disuguhi pemandangan indah sinar matahari yang masuk ke gua melalui celah-celah besar yang ada di atap gua. Dijamin pemandangan ini begitu indah.

Menurut warga setempat nama Gua Pindul ini memiliki sejarah yang panjang. Menurut warga dahulu ada seorang pengembaraan yang bernama Joko Singlunglung sedang mencari ayahnya. Dalam petualangan mencari ayahnya pengembara tersebut harus melalui beberapa rintangan berat seperti menyeberangi laut, mendaki gunung, melewati hutan dan lembah, hingga akhirnya dia sampai pada sebuah gua dan memasukinya. Nah ketika sang pengembara menyusuri gua ini, tanpa sengaja kepala si pengembara terbentur oleh sebuah batu di dinding gua. Dan terbentuklah nama Gua Pindul atau dari bahasa Jawa Pindul berarti Pipi Kebendul. Jika anda berkunjung ke Gua Pindul ini pasti anda akan dikasih tahu sejarah Gua Pindul oleh pemandu wisata di sana.

Stalaktit-di-Gua-Pindul

Di sepanjang gua akan anda temui juga banyak ornamen-ornamen yang cantik seperti batu kristal,moonmilk, juga stalaktit dan stalagmit yang sangat menawan. Jika anda melihat ke bagian atap Gua Pindul ini maka anda akan menemukan beberapa lukisan alami yang diciptakan oleh kelelawar-kelelawar yang hidup di gua ini. Dan yang paling menarik dari tempat wisata Gua Pindul ini adalah adanya kolam besar di tengah gua. Kolam ini bisa anda jadikan sebagai tempat istirahat sejenak jika anda lelah selama melakukan penyusuran gua. Di dalam kolam ini anda juga diperbolehkan untuk berenang atau terjun dari ketinggian bersama para wisatawan yang lain. Karena keindahan dan keajaiban yang anda temui di gua ini, anda tak akan terasa jika ternyata perjalanan anda telah sampai pada ujung tujuan.

Terjun-ke-Kolam-Gua-Pindul

Mungkin obyek wisata Gua Pindul di Gunung Kidul ini bisa menjadi sebuah pilihan bagi anda yang suka petualangan dan tantangan. Menaiki perahu karet menyusuri gua seakan-akan membuat anda sedang berpetualang ke negeri keajaiban, dengan menghadapi beberapa rintangan tapi dengan satu tujuan yaitu menemukan harta karunnya juga tentunya. Hehe, mengkhayal. Jadi siapkah anda untuk berpetualang menyusuri perut bumi di Gua Pindul ini?

Leave a Reply