Mari Berkunjung ke Tempat Wisata Museum di Jakarta Barat

Sedang berkunjung ke Jakarta Barat? Ingin mencari  tempat wisata di Jakarta Barat yang pastinya bukan sekedar untuk bermain atau bersenang-senang? Saya akan merekomendasikan di artikel ini lokasi-lokasi wisata di Jakarta Barat yang bisa anda kunjungi. Akan tetapi tempat wisata yang akan saya sajikan kali ini merupakan tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang dapat menggugah kesadaran sejarah kita sebagai bangsa Infonesia. Karena kita tahu di daerah ini dahulu memang menjadi pusat perekonomian dan politik Hindia Belanda yang sempat berkuasa berabad-abad menguasai tanah air kita ini.

Artikel kali ini akan menyuguhkan tempat wisata berupa museum-museum yang bertempat di Jakarta Barat. Tentunya tempat wisata di Jakarta Barat ini tidak kalah serunya dengan tempat-tempat rekreasi di Jakarta lainnya seperti tempat wisata yang memiliki wahana bermain yang tinggi ataupun wisata alam yang lain.

Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang ini berlokasi di Jl. Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Kota 11110 Jakarta Barat dengan No. Telepon: 692 7289, tempatnya berada di sekitar Kota Tua Jakarta. Kita dapat menemukan koleksi wayang dari berbagai daerah di Indonesia di museum ini.  Koleksi wayang yang berada di museum ini mencapai 5.147 buah. Museum yang berada di Jakarta Barat ini memiliki gaya arsitektur neo renaisance, yang pada tahun 1938 direnovasi agar sesuai dengan gaya khas rumah Belanda.

Museum Of Bank Mandiri

Museum Of Bank Mandiri

Museum of Bank Mandiri berada di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Barat. Pada mulanya museum ini adalah sebuah kantor yang berada di wilayah Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) Hindia Timur. Museum ini dibuat tahun 1929. Pada tahun 1960, NHM beralih fungsi menjadi sebuah kantor Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN). Kemudian setelah zaman Kemerdekaan, kantor ini dijadikan kantor Bank Negara Indonesia unit II. Kantor ini kemudian dipergunakan sebagai Bank Exim dan pada akhirnya Bank Mandiri menggantikannya.

Museum Arsip Nasional

Museum Arsip Nasional

Museum Arsip Nasional bertempat di Jl. Gajah Mada Jakarta Barat/Taman Sari. Pada tahu 1900 gedung ini dijual pada Belanda dengan tujuan untuk mencegah kerusakan. Pada tahun itu juga gedung tersebut dipakai oleh Belanda.  Gedung ini juga pernah digunakan sebagai gedung arsip baik oleh pemerintah Hindia Belanda maupun pemerintahan Republik Indonesia. Pada akhirnya bangunan yang terletak di dalam taman yang penuh bunga dan dipisahkan dari jalan oleh pagar besi yang kokoh dan sebuah pintu gerbang yang elok di kawasan Jalan Gajah Mada 112 ini digunakan untuk Gedung Arsip Nasional. Dan sekarang menjadi tempat wisata di Jakarta Barat yang tentunya hampir sama dengan museum lain, peminat akan wisata bersejarah seperti museum ini lebih sepi pengunjung jika dibandingkan tempat wisata yang bernuansa alam dan wahana.

Inilah sedikit dari saya tentang informasi tempat wisata berupa museum di Jakarta Barat yang bisa disampaikan. Cukup mengedukatif namun sayang lokasi museum wisata di Jakarta Barat ini sangat kurang pengunjungnya. Mungkin karena orang kurang tertarik dengan wisata sejarah yang sebenarnya sangat bermanfaat, khususnya untuk menambah wawasan kita akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dulunya.

Maka dari itu kita sebagai orang Indonesia yang baik harus semestinya membantu mengembangkan museum-museum ini, karena kita ketahui sendiri Jakarta itu adalah pusat Indonesia alias kota metropolis. Dengan mengunjungi tempat wisata museum ini, setidaknya kita dapat mengenal lebih dekat sejarah bangsa kita yang tak bisa dilepaskan dari era kolonialisme Belanda, yang telah meninggalkan jejak-jejak berupa peninggalan situs bangunan yang mempunyai nilai sejarah.

Leave a Reply