Tempat Wisata Menarik di Provinsi Riau

Provinsi Riau menyajikan banyak tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah Pacu Jalur. Pacu Jalur ini merupakan sebuah budaya kabupaten Sengingi yang paling terkenal di Riau. Pacu Jalur adalah salah satu event yang paling ditunggu-tunggu di daerah kota Riau. Pacu Jalur merupakan sebuah kayu panjang yang bentuknya seperti perahu yang diisi sekitar 40 sampai 60 orang. Pada setiap event ini digelar, seluruh warga kota Riau akan ikut bersenang-senang merayakannya. Pacu Jalur adalah salah satu keunikan yang dimiliki oleh Indonesia dan sudah banyak wisatawan yang tertarik dengan kesenian Pacu Jalur ini. Biasanya kesenian ini diselengarakan di kabupaten Sengingi dan berlangsung pada bulan Juli atau Agustus. Jika anda tertarik untuk melihat kegiatan Pacu Jalur ini datanglah ke Riau saat bulan Juli atau Agustus.

Budaya-Pacu-Jalur-di-Riau Air-Terjun-Tujuh-Tingkat-Kabupaten-Kuansing-Riau

Selain itu ada juga tempat wisata lain di Riau yang juga wajib anda kunjungi yaitu air terjun Tujuh Tingkat. Air terjun Tujuh Tingkat ini berlokasi di kecamatan Kuantan, kabupaten Kuansing. Jika anda ingin menuju ke air terjun ini anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota. Air terjun ini sangat menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan jika anda sedang berlibur ke Riau anda harus menyempatkan untuk datang atau berkunjung ke air terjun ini. Dijamin anda tidak akan menyesal jika anda datang k tempat air terjun yang ada di Riau ini. Air terjun ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan masih sangat asri, udara di sekitar air terjun ini juga sangat sejuk.

Anjungan-Seni-Idrus-Tintin-Pekanbaru-Riau

Ada juga tempat wisata di Riau yang recommended selain air terjun dan Pacu Jalur, yaitu Anjungan Seni Idrus Tintin. Tempat ini merupakan salah satu Wonder Building di Pekanbaru, Riau. Bangunan ini sangat khas dan identik dengan adat Melayu Riau. Untuk namanya itu sendiri diambil dari nama seniman yang sangat tersohor di Riau. Gedung ini sampai sekarang masih berdiri kokoh, gedung ini tingginya setara dengan gedung tiga lantai. Gedung ini juga pernah dipakai untuk menggelar acara Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 2008. Saat itu hampir seluruh artis di negeri ini hadir di gedung ini. Jadi jika anda ingin melihat megahnya gedung ini anda bisa mencoba untuk berlibur ke Riau.

Keindahan-Pantai-Pulau-Jemur-Riau

Berikut ada lagi tempat wisata di Riau yang tak kalah menarik yaitu Pulau Jemur. Pulau ini terletak kurang lebih sekitar 45 mil dari ibukota kabupaten Rokan Hilir. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil diantaranya pulau Tekong Emas, pulau Tekong Simbang, pulau Labuhan Bilik dan pulau-pulau kecil lainnya. Pulau ini sangat indah, lautan yang terhampar luas akan membelalakkan mata anda dan anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar pantai yang sangat cantik. Untuk berlibur ke sini anda tidak akan menyesal dan pasti akan sangat puas karena pemandangan di pulau ini sangat cantik sekali tentunya juga akan sangat seru.

Kawasan-Taman-Nasional-Bukit-Tiga-Puluh

Dan ada lagi satu tempat wisata di provinsi Riau yang perlu anda kunjungi ketika anda sedang berlibur di Riau. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT). Taman ini memilki luas 144.223 hektar, dan taman ini berekosistem hutan hujan. Kawasan ini merupakan kawasan peralihan antara hutan rawa dengan hutan pegunungan. Ada beberapa jenis flora dan fauna di taman nasional ini. Anda juga bisa menjumpai beberapa hewan di taman ini seperti Harimau Sumatera, Tapir, Beruang Madu, Kancil, Siamang, Kuaw, Babi Hutan, Burung Rangkong dan masih banyak lagi.

Leave a Reply