Tempat Wisata di Lumajang Paling Menarik Dikunjungi

Lumajang merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata oleh banyak wisatawan. Hal ini karena ada beberapa tempat wisata di Lumajang yang sangat menarik untuk menjadi sasaran liburan keluarga. Nah, bagi anda yang mungkin ingin melakukan atau mungkin baru merencanakan berlibur bersama keluarga, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk pergi berkunjung ke daerah Lumajang. Di kota ini mungkin anda akan mendapatkan suasana yang berbeda dengan liburan-liburan yang sebelumnya.

Sebelum anda memutuskan untuk belibur ke daerah Lumajang, tahukah anda di mana sebenarnya Lumajang tersebut? Sebagai gambaran awal bahwa Lumajang merupakan salah satu kabupaten di daerah Jawa timur dan seharusnya anda sebagai warga Indonesia sudah tahu mengenai tempat ini. Terlebih bagi anda yang hanya tinggal di Jawa, apalagi di Jawa Timur, mendengar kata Lumajang tentu bukan hal yang asing lagi.

Nah, untuk beberapa tempat wisata di Lumajang, wajar jika banyak orang yang belum mengetahuinya dan untuk mengenal lebih jauh, ada baiknya jika anda menyempatkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Lumajang berikut.

1. Pemandian Alam Selokambang

Pemandian Alam Selokambang di Lumajang

Pemandian Alam Selokambang di Lumajang

Tempat wisata ini terletak di desa Purwosono, kecamatan Sumbersuko, yang kira-kira terletak 5 km dari pusat kota Lumajang. Di tempat ini anda akan dimanjakan dengan 2 kolam, baik untuk dewasa maupun kolam khusus anak-anak, di mana air di kolam ini sangat dingin. Masyarakat pun masih mempercayai bahwa orang yang mandi di kolam ini akan mendapatkan manfaat awet muda. Selain kolam, anda pun dapat menikmati berbagai permainan seperti flying fox dan juga mengitari danau buatan dengan naik perahu.

2. Pantai Watu Godeg

Pantai Watu Godeg Lumajang

Pantai Watu Godeg Lumajang

Tempat wisata ini terletak di desa Bulurejo, sekitar 8 km dari kecamatan Tempursari ke arah selatan atau berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Lumajang. Pantai ini cukup unik untuk anda kunjungi karena pemandangan laut lepas yang indah dengan latar belakang bukit dan juga bebatuan besar. Uniknya lagi, ketika batu tersebut terkena hempasan ombak seolah-olah batu bergoyang seperti halnya kepala manusia geleng di mana dalam bahasa jawa disebut godeg. Maka tak heran jika kemudian pantai ini diberi nama dengan Pantai Godeg.

3. Goa Tetes

Menaklukkan Goa Tetes di Lumajang

Menaklukkan Goa Tetes di Lumajang

Bagi anda yang menyukai wisata goa, tempat wisata Goa Tetes ini dapat menjadi tujuan wisata yang sangat menarik. Kesan pertama ketika anda datang ke tempat ini tentu akan sangat menakjubkan karena memang medan yang harus anda lalui cukup menantang dan akan terbayar ketika anda sampai di tempat wisata ini. Goa ini dihiasi dengan stalaktit dan juga stalakmit dengan warna yang beranekaragam. Jika anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini, perlu untuk anda ketahui bahwa Goa Tetes terletak di desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo dan memiliki jarak tempuh sekitar 55 km dari pusat kota Lumajang.

4. Gunung Semeru

Puncak Gunung Semeru Lumajang

Puncak Gunung Semeru Lumajang

Wisata paling terkenal di daerah Lumajang ini ya Gunung Semeru. Gunung Semeru berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di antara 4 kabupaten yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Jadi bisa dikatakan Gunung Semeru ini dimiliki oleh keempat kabupaten tersebut. Bagi anda pecinta alam atau yang suka mendaki gunung, belum lengkap rasanya jika anda belum bisa menaklukkan puncak Semeru ini.

5. Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo Lereng Semeru Lumajang

Danau Ranu Kumbolo Lereng Semeru Lumajang

Sebelum anda berhasil menaklukkan puncak Semeru, sebelumnya anda harus mengunjungi obyek wisata satu ini yaitu Danau Ranu Kumbolo. Danau ini berada di lereng Gunung Semeru, dan merupakan tempat pengambilan air yang terakhir sebelum para pendaki melanjutkan perjalanan menaklukkan puncak Semeru, karena setelah perjalanan melewati danau ini anda tidak akan menemukan lagi sumber mata air sampai puncak nantinya.

Selain kelima tempat wisata di Lumajang di atas, ada lagi satu pantai yang terletak di Lumajang yaitu Pantai Bambang atau dalam Bahasa Jawanya Segoro Bambang. Pantai ini berada di Desa Bago, Kecamatan Pasirian, ya kurang lebih 24 km dari pusat kota Lumajang. Jika anda berada di pantai ini sebaiknya berhati-hati karena ombak di Pantai Bambang ini tergolong besar, mencapai 3 meter, seperti Pantai Parangtritis yang ada di Yogyakarta.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...