Obyek Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur

Bagi anda pecinta alam yang suka tantangan, suka petualangan, suka mendaki gunung, melewati hutan belantara, satu obyek wisata berikut ini wajib anda jelajahi, yaitu Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Taman Nasional seluas 800 kilometer persegi ini ini berada di provinsi Jawa Timur. Lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berada di wilayah 4 kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Kawasan taman nasional ini menjadi kawasan gunung berapi terbesar di Jawa Timur.

Selamat Datang di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Selamat Datang di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Keindahan obyek wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini tertuju pada dua gunung berapi yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. yaitu Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3676 meter di atas permukaan air laut, dan Gunung Bromo yang menjadi gunung tertinggi kedua dengan ketinggian mencapai 2.392 meter di atas permukaan laut.

Kawasan Gunung Bromo masih dibagi menjadi beberapa gunung lagi yaitu Gunung Watangan, Gunung Batok, Gunung Kursi, Watangan Gunung, dan Widadaren Gunung. Selain obyek wisata gunung berapi tersebut, anda juga masih bisa mengunjungi obyek wisata air terjun yang juga masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu Air Terjun Madakaripura.

Gunung Bromo Gunung Semeru Gunung Batok

Gunung Bromo Gunung Semeru Gunung Batok

Berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan saat berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru salah satunya adalah menikmati pemandangan matahari terbit di puncak Gunung Pananjakan. Di puncak Gunung Pananjakan inilah pesona matahari terbit akan terlihat indah. Dari puncak ini anda juga bisa menikmati keindahan gunung berapi lain yang berada dekat dengan Gunung Bromo seperti Gunung Batok dan Gunung Semeru. Di puncak Gunung Bromo ini anda juga bisa menyaksikan pemandangan Kawah Gunung Bromo yang selalu aktif menyemburkan asap panas.

Padang Pasir Gunung Bromo

Padang Pasir Gunung Bromo

Saat perjalanan menuju Gunung Bromo inilah petualangan anda akan terasa menantang, karena anda harus melewati gurun pasir seluas 10 kilometer persegi. Anda bisa menyewa kuda ataupun kendaraan roda empat untuk mengarungi padang pasir ini. Suhu di atas Gunung Bromo ini sangat dingin bisa mencapai 5 derajat celsius. Untuk itu jika anda ingin mendaki ke puncak Bromo disarankan membawa mantel atau jaket.

Kegiatan yang menantang lainnya saat anda berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah menaklukan puncak Semeru. Mendaki puncak gunung tertinggi di pulau Jawa ini memang tidak mudah. Butuh waktu hingga 3 hari untuk mencapai puncak Semeru. Perjalanan mencapai puncak Semeru begitu menantang karena Gunung Semeru ini merupakan gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini. Beberapa aktifitas semburan gas dan lava juga masih sering terjadi, jadi pastikan anda sudah mempersiapkan mental sebelum anda menaklukan puncak Semeru.

Mendaki Puncak Semeru

Mendaki Puncak Semeru

Bagi anda yang berada di luar kota atau luar provinsi Jawa Timur, untuk mencapai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jalur paling mudah adalah start lewat Kota Malang, karena di Malang ini sudah ada bandara Internasional dari arah Jakarta maupun Bali. Dari Malang perjalanan dilanjutkan menuju Probolinggo, dari Probolinggo inilah rute yang paling populer dilalui oleh wisatawan. Dari Probolinggo perjalanan dilanjutkan menuju ke timur laut lewat Pasuruan, desa Tosari dan diakhiri di Desa Ngadas yang merupakan desa terakhir dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...