Liburan ke Obyek Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat TMII adalah salah satu kawasan wisata di Indonesia yang sudah terkenal dan terbilang megah yang bertema budaya Indonesia, yang berlokasikan di Jakarta Timur (Jaktim). Taman mini indonesia merupakan kawasan obyek wisata yang berisi rangkuman kebudayaan-kebudayaan bangsa Indonesia. Kebudayaan di sini ya mencakup segala aspek kehidupan sehari-hari masarakat di seluruh provinsi di Indonesia. TMII menyajikan anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan berbagai busana, tarian, dan tradisi daerah.

Pintu Masuk TMII

Taman Mini Indonesia Indah mempunyai logo berhuruf I dan I, yang berarti Indonesia Indah dan juga mempunyai maskot berupa Wayang Hanoman yang sering kita sapa dengan sebutan NITRA (anjani putra). Di tengah-tengah Taman Mini Indonesia Indah terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia. Di samping itu, di dalam kawasan TMII anda bisa menjumpai kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. Berbagai fasilitas dam sarana rekreasi yang disajikan di obyek wisata ini menjadikan TMII sebagai salah satu kawasan pariwisata terkemuka di ibu kota Jakarta.

Teater Keong Mas TMII

Obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah memiliki luas sekitar 165 hektar dan terletak pada koordinat 6o18’6.8”LS,106o53’47.2”BT berada di kawasan Jakarta Timur. Dulunya lahan ini merupakan area persawahan dan perladangan milik rakyat. Namun ibu negara Siti Hartinah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto memberi gagasan pembangunan miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya dan dapat mempresentasikan kebudayaan indonesia dan kekayaan khasanah budaya bangsa. Gagasan Ibu Tien Soeharto ini tercetus pada pertemuan di Jalan Cendana nomor 8 Jakarta pada tanggal 13 maret 1970. Akan tetapi gagasan ini baru bisa diwujudkan dan diresmikan pada tanggal 20 april 1975 oleh Presiden Soeharto.

Tujuan Taman Mini Indonesia Indah didirikan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memupuk dan membina persatuan bangsa, menjunjung tinggi kebudayaan nasional, memperkenalkan kebudayaan, adat-istiadat, dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap masyarakat Indonesia sendiri maupun bangsa asing.

Obyek Wisata TMII

Sejak usia dini obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah telah memperoleh banyak penghargaan di bidang pariwisata, mulai dari penghargaan dari pemerintah sampai penghargaan dari lembaga internasional. Penghargaan yang diperoleh Taman Mini Indonesia Indah salah satunya yaitu berasal dari pemerintah DKI Jakarta yang diberikan pada tahun 1976, 1977, 1978, 1981, 1991, 1992, 1993, dan 1995. Selain itu, TMII juga pernah mendapat penghargaan pelestarian kebudayaan golden award dari Pacific Asian Travel Assosiation (PATA) pada tahun 1970.

Di kawasan wisata Taman Mini Indonesia juga banyak terdapat hotel dan penginapan yang letaknya tidak jauh dari kawasan wisata TMI. Jadi jika anda berencana akan berlibur ke Jakarta dan mengunjungi TMII, anda tidak usah khawatir mencari hotel dan penginapan. Beberapa hotel dan penginapan yang berada dekat dengan Taman Mini Indonesia Indah seperti Hotel N1, Millennium Hotel Sirih Jakarta, Bamboo In Hotel & Cafe, dan masih banyak lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...